Minggu, 07 Desember 2014

Mene maculata


Nama Umum
Indonesia: Ikan Kantung Semar
Inggris: Moan Fish

Klasifikasi
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Sub Phylum: Vertebrata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Menidae
Genus: Mene
Species: Mene maculata Bloch and Schneider, 1801
Bentuk tubuh pipih posisi mulut subterminal. Mulut kecil dan bisa disembulkan. Tipe gigi viliform. Gurat sisi lengkap tak terputus. Sirip pektoral, ventral, anal dan caudal lengkap. Sirip ekor cagak. Sirip lemak (adipose fin) absen. Sirip dorsal tunggal memanjang hingga awal pangkal ekor. Jari-jari sirip dorsal, D III-IV, 40-45. Sirip anal membentang dari akhir anus hingga awal pangkal ekor. Jari-jari sirip anal, A 30-33. Sirip ventral memanjang dengan jari jari keras yang terbagi dua. Terdapat 1-3 baris bintik-bintik hitam diatas dan dibawah gurat sisi. Warna tubuh di atas gurat sisi hitam kebiruan sementara di bawah gurat sisi bewarna keperakan. Sirip ekor dan dorsal dan ventral berwarna hitam kebiruan sementara sirip pektoral transparan dan sedikit berwarna coklat.
Makanannya invertebrata bentik, sering berkelompok. Ukuran: Maksimum panjang total sekitar 30 cm, umumnya 20 cm. Sedikit informasi mengenai pola reproduksinya.
Iklim Tropis; 32°N - 28°S, mendiami perairan pantai dekat bagian bawah pada kedua rak kontinental dan sekitar kelompok pulau utama hingga kedalaman 200 m.
Indo-Pacific: Afrika Timur ke Selatan Jepang dan Timur Laut Australia. Tercatat dari Laut Cina Selatan dan Laut Arafuru.
Ditangkap dengan menggunakan trawl dan pukat pantai, tetapi terutama oleh trawl. Umumnya dipasarkan dalam bentuk segar, kering dan diasinkan.

G+

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar Dibawah Ini. Komentar Yang Mengandung Spam Akan Dihapus.

Flora dan Fauna, 2009